PARIWARA

Your Ad Here

Jumat, Februari 04, 2011

PROMOSI PRODUK

Fungsi promosi untuk memberitahu dan membujuk konsumen agar mau membeli barang-barang yang dijual. Promosi yang tepat merupakan sarana yang mendukung keberhasilan di dalam persaingan. Para pengecer harus menggunakan alat-alat promosi yang mendukung dan memperkuat posisi image badan usaha. Menurut Berman dan Evans (1995,p.580) ada tiga macam promosi yaitu:

a. Periklanan (advertising)
Pengetahuan mengenai berbagai macam media periklanan dan metode penerapannya adalah penting bagi suksesnya program periklanan. Macam-macam media periklanan seperti surat kabar majalah, radio, iklan di luar, TV, catalog, dan media-media yang lain.

b. Promosi penjualan (sales promotion)
Bentuk-bentuk promosi penjualan antara lain dengan pemberian sampel, kupon, hadiah, display, dan bentuk lain.

c. Publisitas (publicity)
Perbedaan dasar antara iklan dan publisitas adalah nonpaid rature of the latter. Perbedaan ini menyebabkan pesan publisitas tidak selalu siap dapat dikendalikan oleh pengecer.

0 komentar:

Posting Komentar