PARIWARA

Your Ad Here

Minggu, Januari 30, 2011

PERTIMBANGAN DALAM PEMILIHAN PRODUK

Produk meliputi jenis produk yang akan dijual dari suatu toko. Konsumen akan memiliki image yang baik terhadap suatu toko apabila toko tersebut menyediakan barang yang dibutuhkannya, oleh karena itu retailer harus cepat tanggap terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Bellenger dan Goldstrucker (1983,p.84), faktor- faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk yang akan dijual yaitu:

a. Jenis produk (variety)
Menyangkut pada kelengkapan dari jenis produk yang dijual dapat mempengaruhi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu toko.

b. Keleluasaan (width or breadth)
Berhubungan dengan tersedianya produk-produk pelengkap dari produk utama yang ditawarkan. Contohnya pada Factory Outlet yang menjual pakaian sebagai produk utama juga menyediakan produk-produk pelengkap seperti sabuk, sandal, sepatu, topi, dompet, dan sebagainya.

c. Kedalaman (depth)
Merupakan jumlah ukuran, wama dan karakteristik lain yang ada pada sebuah jenis barang.

d. Kesesuaian (consistency)
Produk yang sudah ada sesuai dengan keinginan konsumen harus tetap dijaga keberadaannya dengan cara menjaga kelengkapan, kualitas dan harga dari produk yang dijual.

e. Keseimbangan (balance)
Jenis-jenis barang yang dijual harus disesuaikan dengan keadaan pasar atau yang dibutuhkan konsumen.

f. Fleksibilitas (flexibility)
Produk-produk yang ditawarkan akan selalu berubah, karena sudah tidak mode lagi atau keusangan teknologi.
Baca Selengkapnya....