PARIWARA

Your Ad Here

Kamis, Februari 12, 2009

KONSEP WIRAUSAHAWAN (ENTREPRENEUR)


Kuratko dan Hodgetts (2001) menyatakan bahwa entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang berarti mengambil pekerjaan (to undertake). Konsepnya mengenai entrepreneur sebagai berikut:

The entrepreneur is one who undertake to organize, manage, and assume the risks of a business.
Artinya bahwa wirausahawan merupakan seseorang yang bertindak membuat organisasi, mengelolanya dan menentukan risiko sebuah bisnis.

Zimmerer dan Scarborough (2005) memberikan konsep wirausahawan sebagai berikut:

An entrepreneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the purpose in the face of risk and uncertainty for the purpose of achieving profit and growth by identifying significant opportunities and assembling the necessary resources to capitalize on them.

Artinya bahwa wirausahawan merupakan seseorang yang menghadapi risiko di masa mendatang dan bertumbuh untuk mendapatkan profit dengan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki sehingga mengalami peningkatan terhadap usaha.

Berlandaskan pada kedua konsep yang telah diuraikan di atas, disebutkan bahwa entrepreneur merupakan tindakan seseorang yang berani menanggung risiko sebuah bisnis, adanya pertumbuhan bisnis, hasilnya akan meningkatkan kapitalisasi perusahaan. Karena itu, entrepreneur mempunyai empat karakteristik, yaitu: a) menjalan sebuah bisnis yang mempunyai keuntungan; b) berani menanggung dan menerima risiko bisnis tersebut di masa-masa mendatang; c) bisnis yang sedang ditekuni akan mempunyai kesempatan bertumbuh; dan d) perusahaan akan membuat inovasi dan terjadi kapitalisasi bisnis tersebut.

1 komentar:

  1. Semoga bukan hanya sebata keinginan menjadi wirausaha, tapi dipraktekan ya. Dan semoga semakin banyak orang Indonesia menjadi wirausahawan biar bisa menjadi penyokong perekonomian Indonesia. Dan menjadi wirausaha berati bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain

    BalasHapus