PARIWARA

Your Ad Here

Jumat, Oktober 13, 2006

KLASIFIKASI JASA (2)

Adapun klasifikasi jasa menurut Kotler (2000 : 84) adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan faktor produksi yang digunakan sebagai berikut:
People based service. Jasa yang berdasarkan pada people based service merupakan jasa yang melibatkan peranan manusia dalam proses produksinya sehingga sulit untuk dilakukan standarisasi.
Equipment based service. Adalah yang merupakan jasa yang lebih mengandalkan penggunaaan peralatan dalam memberikan/menyampaikan jasanya.

2. Berdasarkan atas kebutuhan akan kehadiran konsumen (client presence). Tidak semua jasa memerlukan kehadiran konsumen, sehingga konsumsi dan produksi jasa dapat dilakukan walaupun konsumen menginginkan jasa tidak hadir dan tidak terlibat secara langsung, seperti jasa pengiriman barang, angkutan, dan lain-lain.

3. Berdasarkan pemenuhan kebutuhan.
Berdasarkan pemenuhan kebutuhan jasa dapat dapat dibedakan menjadi dua bagian besar yaitu yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan jasa yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis.

4. Berdasarkan tujuan perusahaan. Yaitu dapat dibedakan menjadi profit motif dan non profit motif.

Kemudian Stanton et al. (2002:221) mengkelompokkan jasa menjadi dua, yaitu:

a. Jasa komersial. Yaitu jasa yang diproduksi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan diantaranya yaitu jasa angkutan, hotel, keuangan, dan perbankan serta jasa lainnya.
b. Jasa non komersial merupakan jasa yang diberikan perusahaan kepada konsumen yang membutuhkan, tanpa mencari keuntungan seperti panti asuhan, panti jompo, serta jasa lain yang menunjukkan kepentingan sosial.


Sumber :

Kotler, Philip, 2000. Marketing Management. The Millenium Edition. Prentice Hall Internasional Inc. USA.

Lovelock, Christopher H. 2001. Service Marketing: Tehnology, People, Strategy, Second Edition. USA : Prentice Hall International.

Stanton, William J., Michael T. Etzel, and Bruce J. Walker. 2002. Fundamentals of Marketing, 10th Edition. McGraw-Hill Intenational, Singapore
.

0 komentar:

Posting Komentar